top of page
Search
  • Writer's picturekudabola77

Eat Well: Manfaat nanas



PINEAPPLE memiliki asal-usulnya di daerah tropis Brasil dan Paraguay. Para pemukim awal Spanyol di wilayah tersebut tergugah oleh tampilan anggun buah yang menyerupai biji pinus.


Mereka menggambarkannya sebagai “pina de Indies”. Karena tampilannya, penutur asli bahasa Inggris menerjemahkannya ke “nanas”, meskipun itu tidak terkait dengan apel atau pinus! Bahkan, nanas adalah sekelompok buah yang berlabuh ke inti. Sisik pada kulit tebal sebenarnya adalah bunganya!


Nanas adalah salah satu buah favorit saya, dan bukan hanya karena rasanya yang tajam dan manis. Saya menemukan nanas menjadi salah satu buah eksotis yang paling indah untuk dilihat, dengan warna kuning dan hijau yang semarak. Ini adalah tambahan yang menarik untuk semangkuk buah tropis campuran di meja dapur kami. Tapi ini bukan hanya sekedar penampil, ia memiliki kredensial nutrisi yang sangat mengesankan untuk di-boot!


100 gram nanas segar hanya mengandung 50 kalori, bebas lemak, memiliki miligram natrium, dan 1,4 g serat makanan. 100 g nanas juga berkontribusi 79 persen dari asupan vitamin C Anda untuk hari itu. Vitamin dan mineral penting lainnya termasuk kalium, vitamin B6, dan tiamin.


BROMELAIN-KAYA


Nanas kaya akan campuran enzim yang disebut bromelain. Dua bahan aktif dalam bromelain adalah proteinase dan protease. Fungsinya untuk memecah protein dari makanan yang kita makan.


Nanas dapat digunakan untuk mengasinkan daging karena merupakan pelunak daging yang efektif. Anda dapat menggabungkan beberapa jus nanas segar dan saus kedelai untuk membuat rendaman daging sederhana. Berapa lama mengasinkan akan tergantung pada ketebalan potongan daging.


Untuk potongan tebal, rendam dari 20 hingga 30 menit. Daging yang diiris tipis dapat diasinkan selama tidak lebih dari 10 menit. Jangan terlalu lama mengasinkan daging dengan nanas karena dagingnya bisa menjadi terlalu empuk dan lembek.


Ada minat yang tumbuh pada manfaat kesehatan potensial bromelain di antara para ilmuwan nutrisi. Penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat potensial termasuk mengurangi peradangan, memperlambat perkembangan tumor kanker dan mengurangi pembekuan darah.


Suplemen enzim bromelain dijual di apotek atau online dalam berbagai bentuk, mulai dari kapsul dan bubuk dalam dosis tinggi. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui keamanan suplemen bromelain dalam dosis tinggi. Telah dilaporkan efek samping dan kontraindikasi, yang meliputi peningkatan detak jantung, ketidaknyamanan pencernaan dan komplikasi menstruasi.


Wanita hamil dan menyusui disarankan untuk tidak menggunakan suplemen bromelain. Selain itu, dosis tinggi dapat berinteraksi dengan obat lain seperti obat penenang, antiobiotik, dan antikoagulan.



1 view0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page